Tuesday, September 28, 2010

Penjualan Motor Agustus Mulai Melemah

Penjualan Motor Pada Titik Tertinggi. Penjualan motor pada bulan Agustus lalu mencapai penjualan tertinggi dalam lima bulan terakhir, dimana pada bulan Agustus penjualan motor mencapai 732 ribu unit. Angka ini lebih tinggi dibanding penjualan motor bulan July yang hanya mencapai 699 ribu unit. Penjualan terendah dalam lima bulan terakhir ada pada bulan Maret dimana penjualan motor hanya mencapai 608 ribu unit.



Dari total penjualan 732 ribu unit, sebanyak 350 unit disumbangkan oleh Grup Astra dan sisanya sebanyak 381 ribu unit oleh non-Astra International.


Pertumbuhan mulai melandai. Pertumbuhan penjualan motor secara month on month pada bulan Agustus lalu masih mengalami peningkatan sebesar +4.7% mom. Namun angka ini masih lebih rendah dibanding kenaikan penjualan bulan July yang mencapai +7% mom. Sejak bulan Maret lalu, penjualan motor domestic hanya mengalami penurunan pada bulan May yang turun -2.4% mom.



Selain berdasarkan data pertumbuhan month on month, pelemahan pertumbuhan penjualan motor domestic jelas lebih terlihat jika kita menggunakan data year on year growth. Pada bulan Agustus lalu penjualan motor hanya mencapai +16.9% yoy, yang mana merupakan kenaikan penjualan terendah dalam lima bulan terakhir. Bahkan angka ini jauh dibawah kenaikan pada bulan April dimana penjualan motor tumbuh +70% yoy.


Dominasi Astra dibawah 50%. Jika pada pasar mobil domestic Grup Astra International mampu menguasai pangsa pasar diatas 50%, beda halnya dengan pasar motor domestic dimana pada bulan Agustus lalu Astra hanya menguasai 48% pangsa pasar. Hanya pada bulan April saja pangsa pasar Astra mampu mencapai 50%. Namun demikian secara keseluruhan Astra masih menjadi pemain dominan di pasar motor domestic.



Disclosure : I don't hold any stock mentioned above. This article is my personal view and it might be different from my professional view.
DISCLAIMER ON.

No comments: