Tuesday, September 28, 2010

Penjualan Mobil Agustus 2010 Memburuk

Penjualan Mobil Agustus Capai 64 ribu unit. Selama bulan Agustus penjualan mobil domestic mencapai level 64,762 unit dimana angka ini turun dibanding penjualan bulan July yang mencapai 72 ribu unit. Namun demikian penurunan ini diperkirakan karena pada bulan Agustus kemarin memasuki bulan puasa sehingga jam kerja lebih sedikit.

Jika kita melihat data dalam enam bulan terakhir, total penjualan mobil di bulan Agustus ini tidak terlalu buruk. Record terendah ada pada bulan February dimana penjualan mobil hanya mencapai 55 ribu unit. Sementara record tertinggi ada pada bulan July lalu yang mencapai 72 ribu unit.


Dari total penjualan 64 ribu unit tersebut, sebanyak 34 ribu unit disumbangkan oleh penjualan mobil dibawah bendera grup Astra International, dan sisanya sebesar 29 ribu unit oleh merek merek non-Astra


Tingkat Pertumbuhan mulai turun. Melihat data penjualan mobil di bulan Agustus, tampaknya investor mulai dihinggapi oleh lampu kuning, dimana pada bulan tersebut penjualan mobil turun -10.2% mom. Penurunan penjualan mobil ini merupakan yang tertinggi dalam enam bulan terakhir. Sejak February lalu penjualan mobil sudah tiga kali mengalami penurunan yaitu pada bulan April turun -0.5%, bulan May -7.2% dan Agustus lalu -10.2%. Kenaikan penjualan tertinggi terjadi pada bulan Maret dimana penjualan mobil naik +17.7%


Melemahnya penjualan mobil juga terlihat baik secara month on month maupun year on year. Meski penjualan mobil yoy pada bulan Agustus lalu masih mengalami kenaikan +34.6% yoy, namun angka ini merupakan yang terendah dalam enam bulan terakhir. Angka ini bahkan anjlok jika dibanding dengan kenaikan penjualan mobil bulan July yang naik +72%. Kemerosotan penjualan mobil ini dapat dilihat pada grafik di bawah dimana kenaikan penjualan mobil mulai melemah sejak bulan Maret 2010 lalu. Hal ini tentunya sudah memberikan lampu kuning.


Namun demikian kembali argumen yang dapat kita pakai adalah selama bulan Agustus dan September ada bulan puasa dan hari raya Lebaran. Saya pun memproyeksikan penjualan mobil bulan September akan kembali melemah. Diharapkan penjualan mobil mulai pulih memasuki bulan Oktober.

Market share Astra. Dominasi Astra International di pasar mobil domestic mulai tergerus dimana pada bulan Agustus lalu market share Astra turun ke level 54% dari sebelumnya 58%. Level ini sama seperti bulan May 2010. Namun demikian secara keseluruhan Astra masih menjadi pemain dominan di pasar mobil domestic.



Disclosure : I don't hold any of the stocks mentioned above at this moment. This article is my personal view and it might be different from my professional view.
DISCLAIMER ON.

No comments: